GIZ! Blog

Keputusan Migrasi Wordpress.com ke Self-Hosted Wordpress.org

Alasan mengapa diriku dan mungkin dirimu berpindah ke Wordpress.org

— May 24, 2015 —

Okeh, ngeblog di Self-Hosted Wordpress memang butuh tenaga ekstra dan bikin nanya yang semacam “Kenapa pilih yang ribet kalo ada yang cepet?” Itu adalah pertanyaan lain yang memang jawabannya beda-beda untuk setiap (calon/mantan) blogger. Saya sendiri memulai belajar bikin blog self-hosted wordpress sejak 2009 dimana dulu pake hosting gratisan, domain gratisan, dan gitu deh! Beda sekali dengan sekarang di blog ini dan beberapa blog/website temen yang saya bikinin.

Lalu, kembali ke topik. Sebenarnya juga postingan ini seharusnya sudah saya bikin tahun 2009, di mana di kala itulah keputusan migrasi ini terpilih. Namun saya sadar, waktu itu bukan waktu saat yang tepat untuk ngepost itu.

Waktu itu saya sangat merasa beruntung memilih wordpress.org sih. Okeh memang butuh lama memang untuk membuat blog dengan seperti tapi, banyak hal yang dicapai karena…

Saya belajar pemograman PHP, JS dan ini itu!

Saya belajar desain inu anu!

Saya belajar SEO dan plugin nganu nginu.

Saya belajar hosting+domain+installasi CMS dst

Saya anu…

Banyak!

Setiap oran

Blogging in wordpress.com is just like rent an (free-trial) apartement!

Ngeblog di wordpress.com itu bagaikan dikasih apartemen (semi) gratis! Kamu dikasih tempat asik yang keren, mewah, nyaman di tanah yang reliable anti guncang dan banjir sehingga up 24 jam sehari. Kabar baiknya, kamu tinggal pakai, cuma-cuma! Semudah itu! Dan kabar kurang baiknya. Hmmm…. Tapi kalo pengen lebih, mereka siap! Kamu pengen AC tambahan! Oke sini bayar 10 juta! Kamu pengen tambahan kolam renang? Sini bayar 100juta! Butuh garasi buat naruh helikopter pribadi kamu? Oke sini bayar semilyar!

Seperti itulah!

Blogging in wordpress.org is just like built your own ‘dreamed’ home sweet home!

Sedang di wordpress.org atau sebut saja Self-Hosted Wordpress, kamu bagaikan bikin rumah yang kamu cari tanahnya sendiri, lokasinya sendiri, kamu desain dan dekorasi sendiri pula. Pertanyaannya. Seberapa mampukah kamu membuat rumah kamu sendiri?

Apakah kamu akhirnya membuat gubuk reot, atau rumah keren sedunia? Semua di tangan kamu! Kepercayaan diri kamu! Kemauan belajar kamu. Kamu berhasil membuat ‘rumah idaman’ pun ditangan kamu!

Jadi seharusnya pilih mana antara wordpress.com sama wordpress.org nih?

Semua terserah kamu mau pilih tinggal di apartemen nyaman, atau di gubuk reot hasil masterpiece sendiri. Nggak ada yang salah antara pilihan itu, kan? :)